CANDIPURO - Bunda PAUD dan Literasi Kabupaten Lampung Selatan Winarni Nanang Ermanto kukuhkan Bunda Literasi dan Bunda PAUD Desa Se Kecamatan Candipuro, Selasa (15/02/2022).


Kegiatan Pengukuhan ini bersamaan dengan acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Candipuro yang berlokasi di Desa Sinar Pasmah.


Ada 13 Bunda Literasi dan 1 Bunda PAUD Desa yang dikukuhkan pada acara tersebut. Bunda PAUD yang dikukuhkan ini secara langsung juga menjadi Bunda Literasi.


Winarni diawal sambutannya menekankan untuk terus mematuhi Protokol Kesehatan 5M, agar memutus rantai penyebaran Virus Covid 19.


Kepada tim penggerak PKK desa serta aparatur pemerintahan desa Winarni menghimbau terus lakukan sosialisasi protokol Kesehatan dan bisa membagikan masker kepada semua masyarakat di Desanya.


" Kalau covidnya bisa hilang anak sekolah bisa kembali sekolah normal, semua kegiatan di masyarakat bisa berjalan dan ekonomi bisa kembali meningkat". Kata Winarni


Winarni juga menyampaikan bahwa pengukuhan ini adalah yang pertama se Provinsi Lampung dan Lampung Selatan menjadi Kabupaten yang pertama menyelenggarakan Pengukuhan ini.


Kepada Bunda Literasi Desa Winarni menghimbau dapat mengajak dan meningkatkan minat baca masyarakat dengan menyediakan Pojok literasi atau pojok Baca di setiap Desa.


" Lewat membaca, potensi dan kemampuan masyarakat dapat digali dan ditingkatkan, ini salah satu hal penting dalam upaya membantu pembangunan dan kemajuan di Desa". Ucapnya


Untuk pengadaan bukanya winarni menyarankan agar Bunda Literas bersama Tim Penggerak PKK serta pemerintah Desa melakukan swadaya buku, menyiapkan buku buku semua bidang sesuai kebutuhan dan minat baca dari masyarakat.


Kepada Bunda PAUD Desa agar dapat mendata anak anak yang sudah memasuki usia dini namun belum dapat mendapakan Pendidikan Anak Usia Dini.


"Hal tersebut harus segara dilakukan agar bisa dicarikan solusi agar mereka bisa mendapatkan pendidikan. Karena di usia ini pembentukan karakter mulai berkembang, maka dari itu pendidikan yang tepat harus di dapatkan". Katanya


Winarni juga menyampaikan utamakan kerjasama dan gotong royong dalam menjalankan program kerja, pembangunan yang maju bisa cepat tercapai. (Kmf)