RAJABASA - Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lampung Selatan Hj Winarni Nanang Ermanto yang juga selaku Bunda PAUD dan Literasi berikan Pengukuhan kepad Bunda PAUD dan Literasi Desa Se Kecamatan Rajabasa, Rabu (16/02/2022).


Acara pengukuhan ini bersamaan dengan pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan di Kecamatan Rajabasa yang berlokasi Lapangan Desa Kunjir.


Total ada 16 orang yang dikukuhkan terdiri dari 11 Bunda PAUD Desa dan 5 Bunda Literasi Desa. Bunda PAUD Desa yang dikukuhkan secara langsung juga menjadi Bunda Literasi Desa.


Ikut menghadiri kegiatan Pengukuhan ini Ketua DWP Lampung Selatan (Yani Thamrin) dan Kepala OPD di Lingkungan Pemerintahan Kabupaten Lampung Selatan.


Winarni diawal sambutannya menyampaikan terkait Covid 19 yang saat ini kembali melonjak dan dapat menghambat pembangunan dan perkembangan Ekonomi.


"Covid ini mengkibat penurunan di segala sektor, pembangunan terhambat, anak sekolah gak bisa sekolah, ekonomi menurun", Kata Winarni.


Menurutnya terus lakukan sosialisasi protokol Kesehatan kepada masyarakat dengan ajakan dan bahasa yang baik agar masyarakat dapat menerima dan mau melaksanakannya.


"Saya selaku Bunda PAUD dan Literasi Kabupaten Lampung Selatan mengucapkan selamat kepada para bunda yang baru saja dikukuhkan, semoga dapat menjalankan tugas dan mengemban amana dengan baik", Ucapnya.


Winarni juga mengatakan bahwa pengukuhan ini merupakan yang pertama Se Provinsi Lampung dan Lampung Selatan menjadi Pelopor dalam memberikan pengukihan kepada Bunda PAUD dan Literasi Desa.


Kepada Bunda Literasi Winarni ni mengarahkan agar segera mendirikan pojok pojok Baca di setiap titik di Desanya agar minat baca masyarakat dapat meningkat.


Selain itu juga perlu dibentuk pengurus untuk mengelola Pojok Baca tersebut dan perlu juga di adakan swadaya buku oleh donatur dan para kepala sekolah dalam menyediakan beragam buku.


"Dengan membaca potensi dan kemampuan masyarakat itu dapat digali dan dikembangkan hal ini dapat membantu mempercepat pembangunan kalau Sumber Daya Manusianya Cerdas". Ucap Winarni


Kepada Bunda PAUD Desa agar memperhatikan dan mendata anak Usia Dini di desanya masing masing untuk mereka bisa mendapatkan layanan PAUD.


Winarni menyebutkan Layanan PAUD yang diberikan harus Layanan PAUD Holistik Integratif yang meliputi layanan gizi, Pengasuhan, Kesehatan, Perlindungan dan Kesejahteraan.


Winarni menghimbau dalam melaksanakan program program agar berkoordinasi dan kerja sama dengan pemerintahan desa. Dan program kerja yang dilkasnakan harus terintegrasi dengan program pembangunan Desa. (Kmf)