JATI AGUNG, Diskominfo Lamsel - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan bekerjasama dengan Kepolisian Resor (Polres) kembali melaksanakan Vaksinasi COVID-19 secara serentak.


Kegiatan Vaksinasi COVID-19 yang dilaksanakan sekitar pukul 09.00 WIB itu, berlangsung di Balai Desa Jatimulyo, Kecamatan Jati Agung, Jum'at (11/3/2022).


Program tersebut merupakan salah satu upaya lanjutan dari vaksinasi COVID-19 guna proteksi klinis kepada masyarakat dengan sasaran dewasa, lansia, anak-anak dan lanjutan booster.


Hadir meninjau secara langsung dalam pelaksanaan vaksinasi tersebut, Kepala Kepolisian Daerah Provinsi Lampung Irjen Pol Hendro Sugiatno, Kapolres Lampung Selatan AKBP Edwin, Asisten Bidang Administrasi Umum Lampung Selatan Badruzzaman, Jajaran USPIKA dan Dinas Kesehatan Lampung Selatan.


Asisten Bidang Administrasi Umum Badruzzaman mengungkapkan, pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 Serentak tersebut merupakan salah satu upaya untuk percepatan vaksinasi di Kabupaten Lampung Selatan.


Lebih lanjut dirinya menjelaskan, Vaksinasi COVID-19 dengan target dosis 1, 2 dan 3 itu menyasar 1.500 orang. Adapun jenis vaksin yang diberikan yaitu sinovac dan pfizer.


"Vaksin COVID-19 ini kan memang harus terus dilaksanakan sampai dengan targetnya terpenuhi, program ini diadakan secara serentak untuk masyarakat bisa bersama-sama di layani, stimulusnya kita memberikan minyak 1 liter," ungkapnya.


Menurutnya, vaksinasi COVID-19 sangat penting untuk dilaksanakan untuk memberikan proteksi dini kepada masyarakat, sehingga dapat meminimalisir terjadinya penularan COVID-19. Disisi lain, juga mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi di Lampung Selatan.


"Kabupaten Lampung Selatan menjadi lintasan bagi para orang yang dalam perjalanan dari pulau Sumatera ke Jawa pasti melalui Lampung Selatan. Satu sisi wilayahnya memang sangat strategis, namun menjadi dilema tersendiri saat pandemi COVID-19 ini," jelasnya lebih lanjut.


Dengan dilaksanakannya vaksinasi COVID-19 secara serentak tersebut, Badruzzaman berharap, dapat mempercepat proses vaksinasi ditengah masyarakat dan Kabupaten Lampung Selatan dapat segera mencapai herd immunity (kekebalan kelompok).


Dirinya mengungkapkan, hingga saat ini capaian vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Lampung Selatan untuk dosis 1 dengan sasaran anak-anak usia 6 hingga 11 tahun 78 persen, umum usia 18 hingga 59 tahun telah mencapai 86,5 persen dan lansia usia 60 tahun ketas 72 persen.


Kemudian, untuk dosis 2 dengan sasaran anak-anak 56 persen, umum telah mencapai 66 persen dan lansia 48 persen. Sementara, untuk keseluruhan capaian vaksinasi COVID-19 dosis 3 atau booster telah mencapai 3,5 persen.


"Vaksin ini lah yang menjadi aman untuk bepergian, karena sekarang ini cukup vaksinasi untuk bepergian. Ketentuannya kan sekarang kalau sudah vaksin dosis 1 harus rapid anti gen atau PCR, sedangkan kalau sudah vaksin 1 dan 2 gak wajib lagi rapid. Intinya kita terus mengejar agar Lampung Selatan bisa Herd Immunity," katanya.


Usai Vaksinasi COVID-19, kegiatan dilanjutkan dengan Konferensi Video bersama dengan Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), seraya memantau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 serentak diseluruh Provinsi se-Indonesia. (ptm).