KALIANDA, Diskominfo lamsel- Sekertaris Daerah Lampung Selatan Thamrin, menghadiri rapat persiapan penilaian Mandiri Penerapan Sistem Merit (PMPSM) dalam manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN) pada instansi pemerintah, di Aula Rajabasa, Senin (21/02/2021).


Mengikuti rapat secara virtual melalui zoom meeting, Turut mendampingi Inspektur Kabupaten Anton Carmana, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Puji Sukanto, Plt. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Aryan Sahuriyan serta beberapa Kepala OPD Terkait.


Zoom Meeting tersebut diikuti oleh beberapa Provinsi yakni Aceh, Lampung, Sulawesi Barat dan Sulawesi Selatan.


Sebagai penjabaran agenda prioritas RPJMN 2020-2024, penerapan sistem merit ditetapkan sebagai satu dari tiga program prioritas bidang aparatur dalam RKP 2020, yaitu (1) Peningkatan akuntabilitas kinerja, pengawasan, dan reformasi birokrasi; (2) Peningkatan inovasi dan kualitas pelayanan publik; dan (3) Penguatan implementasi manajemen ASN berbasis merit.


Adapun tujuan dari sistem Merit ini salah satunya merekrut ASN yang profesional dan berintegritas dan menempatkan mereka pada jabatan-jabatan birokrasi pemerintahan sesuai kompetensinya.


Tujuan lainnya adalah sebagai berikut, mengemban kemampuan dan kompetensi ASN, memberikan kepastian karir dan melindungi karier ASN dari intervensi politik dan tindak kesewenang-wenangan serta mengelola secara efektif dan efesien dan memberikan penghargaan bagi ASN yang adil dan layak sesuai kinerja.


Komisioner Pokja Pengawasan Bidang Penerapan Sistem Merit Wilayah II Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Mustari Irawan, mengatakan,ASN diberi kewenangan melakukan 3 fungsi pengawasan.


"Yakni,pengawasan kepada nilai dasar, pengawasan terhadap pengisian DPT, pengawasan terhadap sistem merit tingkat pusat maupun tingkat daerah,"ucapnya.


Mustari Irawan mengungkapkan, ada beberapa sistem merit yang menjadi program pemerintah yaitu optimalisasi penerapan sistem merit Tahun 2022."Eksisting penerapan sistem merit ASN Pada 22 IP prioritas pembinaan dan tata cara salin nilai pada aplikasi SiPinter,"tuturnya.


Pada kesempatan itu juga, Mustari Irawan, mengungkapkan capaian yang belum masuk dalam kategori lebih baik pada optimalisasi penerapan sistem merit ada pada beberapa sektor yang salah satunya pembangunan laboratorium sistem merit di daerah 3T."Kolaborasi pembinaan sistem merit, Handbook Best Practice sistem merit, Pembentukan Comunity Of Practice penerapan sistem merit,"tambahnya.


Kemudian audiensi penguatan komitmen penerapan sistem merit dengan PPK dan PyB, Sosialisasi & Asistensi penerapan sistem merit di instansi pemerintah, Vidio tutorial Best Practice sistem merit, dan yang terakhir Knowledge Sharing penerapan sistem merit.


Mustari berharap ASN memiliki keterampilan dan dapat bersaing pada tataran nasional dan global serta Kami akan mendorong untuk terus meningkatkan sistem merit di Pemerintahan terkait. (lmhr)