Ketapang, Diskominfo Lamsel - Ragam bonsai nan indah menghiasi jalur pintu masuk perhelatan acara musyawarah perencanaan pembangunan tingkat kecamatan (musrenbangcam) di kecamatan Ketapang, Jum'at (18/2/2022).


Sebanyak 25 jenis bonsai dipamerkan pada acara tersebut, yang diselenggarakan oleh perkumpulan penggemar tanaman bonsai se-kecamatan Ketapang yang tergabung dalam Sekawan Bonsai Ketapang. Hal tersebut disampaikan Anis selaku ketua sekawan bonsai Ketapang saat di lokasi musrenbangcam.


"Ada sekitar 25 jenis tanaman bonsai yang kami tampilkan seperti santigi, cemara, beringin, kesemek serta lainnya. Kita produksi dari daerah kita sendiri dan juga memanfatkan barang yang sudah tidak terpakai," katanya.


Pasalnya, pohon kerdil yang tampak eksotis dan unik ini menjadi daya tarik sendiri bagi para penggemarnya. Perlu perawatan yang terbilang susah-susah gampang dalam merawat tanaman kerdil ini.


"Untuk perawatan tidak terlalu susah mungkin karna hoby juga hanya saja memang membutuhkan waktunya yg terbilang cukup lama bisa bertahun-tahun hingga menghasilkan tanaman bonsai yang kerdil sesuai keinginan kita," Jelas Anis sebagai salah satu pengrajin bonsai sekaligus Ketua Sekawan Bonsai Ketapang saat ditemui lokasi.


Anis juga menjelaskan terbentuknya Sekawan Bonsai Ketapang saat ini sudah beranggotakan kurang lebih 40 orang dari berbagai lapisan masyarakat di kecamatan Ketapang.


"Kurang lebih Sekawan Bonsai sudah ada 40 orang anggotanya, rata-rata bonsai ini adalah milik perorangan dari anggota kita," jelasnya.


Sambil menunjukkan beberapa jenis tanaman bonsai yang mereka miliki, Anis juga menambahkan bahwa Sekawan Bonsai menjadi wadah bagi para anggotanya dalam bertukar informasi seputar tanaman bonsai dan juga sebagai wadah pemasaran bagi mereka.


"Kami juga melibatkan para karang taruna desa yang tertarik akan tanaman bonsai. Selain dipamerkan tanaman bonsai ini masyarakat dapat membelinya langsung atau menghubingi pihak Sekawan Bonsai Ketapang. tambahnya.


Senada dengan yang disampaikan Anis, anggota dari Sekawan Bonsai Ketapang Kemis juga menambahkan pameran seperti ini merupakan ajang untuk memperkenalkan hasil para pengrajin bonsai.


"Semoga Indonesia termasuk Lampung Selatan semakin pulih terkait penanganan covid-19, sehingga ajang-ajang pameran bonsai dapat diselenggarakan kembali. Karna dengan ajang seperti itu sebagai tempat untuk kami memperkenalkan dengan dunia luar hasil pengrajin bonsai kecamatan Ketapang," tutupnya.


Meski cuaca mendung, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat, tak menyulutkan semangat para pengrajin bonsai untuk memperkenalkan jenis bonsai yang mereka pamerkan kepada para pengunjung. (HY)