TANJUNG BINTANG, Diskominfo Lamsel - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) serta Pemerintahan Desa Kabupaten Lampung Selatan, menggelar pembinaan dan Rapat Koordinasi Persiapan Lomba Desa Tingkat Provinsi Lampung yang berlangsung di Balai Desa Srikaton, Kecamatan Tanjung Bintang, Senin (21/3/2022).


Seperti diketahui bersama, Desa Sri Katon Kecamatan Tanjung Bintang menjadi peserta pada lomba desa tingkat provinsi mewakili Kabupaten Lampung Selatan setelah melalui tahapan seleksi lomba desa tingkat Kabupaten yang digelar pada 10 Febuari 2022.


Hadir dalam acara tersebut Staf Ahli Bidang Ekobang dan Kesra Yespi Cory, Ketua TP-PKK Hj. Winarni Nanang Ermanto, Kepala Dinas PMD Lampung Selatan Erdiansyah, Kepala Dinas PP dan PA Anasrullah, Camat Tanjung Bintang Hendri Hatta beserta Forkopimcam Kecamatan Tanjung Bintang, Kepala Desa beserta perangkatnya.


Kepala Dinas PMD Lampung Selatan Erdiansyah mengungkapkan, gelaran lomba desa tingkat kabupaten yang diilkuti oleh 17 kecamatan Se- Lampung Selatan sudah dilaksanakan tahapannya pada 10 Febuari 2022. Kemudian pada seleksi tersebut, terpilih Desa Srikaton kecamatan Tanjung Bintang yang maju untuk mewakili Kabupaten Lampung Selatan ke tingkat provinsi Lampung, yang rencana nya akan digelar pada bulan Juni mendatang.


"Terpilihnya Desa Srikaton tentunya melalui tahapan seleksi dan penilaian dari semua desa yang ada di Kabupaten Lampung Selatan, Desa Srikaton memiliki nilai dan keunggulan tersendiri selain memiliki destinasi wisata Gunung Batu, Srikaton juga memiliki Icon lain seperti Batu Bungur nya dan Inovasi pembuatan Alun-alun Desa, itu yang menjadi penilaian tim lomba desa tingkat kabupaten memilih Desa srikaton untuk maju mewakili kabupaten Lampung Selatan ke tingkat provinsi dan diharapkan nantinya bisa maju hingga tingkat Nasional," ujarnya.


"Diharapkan semua lembaga yang ada di desa dan semua masyarakat bisa bekerja sama agar proses lomba tingkat Provinsi berjalan lancar. Lomba Desa tingkat provinsi tidak jauh berbeda dengan tingkat Kabupaten. Hal yang paling penting dalam penilaian lomba desa yaitu administrasi dan inovasi desa Tujuan dari rapat koordinasi ini agar bisa memperbaiki semua kekurangan ketika lomba desa di tingkat Kabupaten Lampung Selatan," ungkapnya lebih lanjut.


Sementara pada kesempatan yang sama, Ketua TP PKK Kabupaten Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto menyampaikan harapannya, agar Desa Sri Katon yang menjadi perwakilan Kabupaten Lampung Selatan dalam mengikuti lomba Desa Tingkat Provinsi ini, bisa meraih kemenangan yang selanjutnya dapat mengikuti perlombaan Desa hingga Tingkat Nasional.


Selain itu, lanjutnya, Kepala Desa dan Camat harus benar-benar menyiapkan, tidak hanya siap tetapi pemerintah Desa dan kecamatan harus paham terhadap poin-poin yang akan menjadi tolak ukur penilaian pada perlombaan desa.


"Diharapkan partisipasinya semua lapisan masyarakat desa Sri Katon untuk bersama-sama berkoordinasi dalam menyukseskan perlombaan desa tingkat provinsi. Untuk persiapan lomba desa, diminta seluruh lapisan masyarakat dapat pro aktif dalam mendukung persiapan hingga pelaksanaan lomba desa," ujar Winarni.


Menurut Winarni, dengan hadir nya tim pembinaan dari kabupaten pada awal pembinaan ini, jangan hanya sekedar jadi acara seremonial saja tapi harus bener-bener bisa di emplementasikan apa saja yang sudah disampaikan untuk persiapan menghadapi lomba desa tingkat provinsi.


'Tim pembina kabupaten tidak akan berhasil jika dari pemerintah desa dan masyarakat nya tidak siap untuk di bina, untuk itu harus saling bersinergi baik dari tingkat Desa, Kecamatan, Kabupaten dan masyarakatnya, partisipasi masyarakat dalam lomba tingkat desa harus bener-bener terwujud," tuturnya.


Disisi lain, Kepala Desa Sri Katon Sugiman saat ditemui usai acara pembinaan mengaku siap mewakili Lampung Selatan dalam lomba desa tingkat Provinsi. Menurutnya, untuk menjadi juara tingkat Provinsi tentu tidak mudah, persiapan yang dilakukan oleh pemerintah Desa Srikaton tidak dalam waktu yang singkat namun dalam waktu yang panjang dalam mengikuti seleksi tingkat Kabupaten.


Lebih lanjut dirinya mengungkapkan, dengan predikat 1 mewakili Kabupaten Lampung Selatan, saat ini pihaknya sedang melakukan persiapan dengan melakukan rapat koordinasi bersama Tim Kabupaten, Pemerintah Kecamatan, RT/RW, BPD, LPMD, PKK serta masyarakat untuk mempersiapkan lomba desa tingkat Provinsi.


"Oleh karena itu kami selaku pemerintah desa terus melakukan evaluasi-evaluasi supaya bisa membawa harum nama Kabupaten Lampung Selatan hingga tingkat Nasional," tandasnya.


Untuk diketahui, dalam acara tersebut juga dilaksanakan penyerahan Kartu Identitas Anak (KIA) dan data kependudukan oleh Ketua TP PKK Lampung Selatan. (Ant).