KALIANDA - Sekretaris Daerah Lampung Selatan, Thamrin, S.Sos, MM hadiri pelantikan Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PC PMII) Lampung Selatan Masa Khidmad 2021 - 2022 di Aula Sebuku Rumah Dinas Bupati Setempat, Minggu (10/10/2021).


Turut hadir, Ketua Umum PC PMII Provinsi Lampung Muhammad Abdullah Syukri, Ketua PKC PMII Lampung Ahmad Hadi Baladi, Ketua Kopri PC PMII Lamsel Meta Yulitami, Ketua PC PMII Lamsel Muhammad Yusuf Kurniawan, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesera Supriyanto, S.Sos, MM dan Para Pejabat Struktrual Pemkab Lamsel Lainnya.


Untuk diketahui, Kegiatan Pelantikan PC PMII dilakukan berdasarkan hasil rapat kerja antara pengurus cabang PMII dengan tujuan mendapat ridho Allah SWT dalam melaksanakan program kerja PMII kedepan serta untuk menjalin silaturahmi dan memperkenalkan anggota kepengurusan yang baru PC PMII Lamsel kepada seluruh Stake Holder yang ada.


Pada kesempatan itu, Sekda Thamrin mengatakan agar para pengurus yang baru PC PMII dapat mengemban amanah organisasi dengan penuh tanggung jawab serta memiliki dedikasi yang tinggi dalam menjalankan roda organisasi.


Thamrin juga menyampaikan agar PMII dalam kipranya dapat menjadi icon besar dan dominan dalam sejarah bangsa indonesia mengingat organisasi PMII yang mempunyai basis kader yang sangat besar diseluruh Indonesia.


"Saya berharap PMII dapat menjadi organisasi penyeimbang, baik secara vertikal dan horizontal. Dalam ranah vertikal PMII harus mampu menjadi organisasi kritis mahasiswa yang dapat mengawal kebijakan pemerintah dan dalam ranah horizontal, PMII harus dapat menyiapkan kader-kadernya agar proses regenerasi tetap berjalan, sehingga organisasi ini tetap eksis dan tergerus oleh perkembangan zaman," Ucapnya membacakan sambutan tertulis Bupati Lamsel.


"Saya yakin Pengurus Cabang PMII yang baru ini merupakan vigur-vigur yang tepat serta memiliki kapabilitas dan akseptabel, sehingga diberi kepercayaan oleh anggota lain untuk memimpin PC PMII sampai Tahun 2022 nanti," Harapnya.


Pada kesempatan yang sama Pengurus Cabang PMII Lamsel, M. Yusuf Kurniayan menyampaikan bawsannya PMII telah ada di Lampung Selatan sejak Tahun 2010 yang menurutnya organisasi tersebut tidak muda lagi.


"PMII sudah ada di lampung selatan sejak 2010 yang artinya tidak muda lagi, namun demikian PMII masih terus axis dan aktif dalam berorganisasi mengawal pembangunan didaerah lampung selatan," Ujarnya.


"PMII sudah banyak mencurahkan ide-ide cemerlangnya untuk lampung selatan seperti pada bidang pendidikan dengan mengadakan kegiatan Bincang Sejarah Tentang Pertempuran 5 jam di Kalianda," Ucapnya.


"Ada 3 hal yang akan PC PMII Lamsel lakukan untuk terus mendorong, bersinergi dengan pemerintah daerah diantaranya, pada bidang pendidikan sejarah dengan menerbitkan buku pertempuran 5 jam dikalianda atau buku-buku sejarah perjuangan lainnya. Kami berharap agar Pemerintah Daerah dapat memperhatikan Tugu Juang yang merupakan Simbol Sejarah yang kita miliki. Terakhir kami berharap pemerintah daerah dapat lebih mengedukasi anak-anak sekolah tentang sejarah-sejarah yang ada di lamsel," Terangnya.


Sementara, Ketua Umum PC PMII Provinsi Lampung Muhammad Abdullah Syukri dalam sambutannya mengatakan, "PMII merupakan basis pergerakan dalam hal mengawal apapun kebaikan yang ada di daerah. Sahabat boleh kritis namun itu bukanlah puncak, dibutuhkan lebih dari itu untuk melahirkan solusi dalam bentuk aksi nyata," Ucapnya.


"Mari kita tunjukkan bersama-sama bahwa kita PMII siap menguasai perubahan-perubahan di masa depan, kita harus betul-betul mengembangkan diri kita sebagai aktifis yang pro rakyak. Silahkan ketua pengurus nanti mengeksplor nilai-nilai lokalitas pada kaderisasi yang ada didaerah lamsel dan lakukan program kerja serta kontrol sosial kita dalam mendukung pembangunan daerah," Pungkasnya.


Pada pelaksanaannya acara pelantikan kepengurusan PC PMII dilakuan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat. (Rk)