PALAS - Sebanyak lima kepala desa terpilih secara resmi dilantik Plt. Bupati Lamsel Nanang Ermanto di Lapangan Sepak Bola Desa Tanjungjaya Kecamatan Palas, Kamis (22/8/2019).


Kelima Kepala desa yang dilantik untuk enam tahun kedepan yakni Kades Pulaujaya Roliyah, Kades Bumiasri Marsono, Kades Bumirestu Sukiman, Kades Bumiasih Poniran dan Kades Tanjungjaya Santoso.


Pelantikan itu berdasarkan surat putusan Bupati Lamsel Nomor B/535/I.02/HK/2019, nomor B/538/I.02/HK/2019, nomor B/540/I.02/HK/2019, nomor B/546/I.02/HK/2019, dan nomor B/547/I.02/HK/2019 tentang pemberhentian dan pengangkatan Kepala Desa Tanjungjaya, Bumiasri, Bumirestu, Bumiasih dan Pulaujaya.


Pada kesempatan itu, Nanang Ermanto mengatakan meminta para kades dilantik agar mampu menyelenggarakan urusan pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan dengan baik. Sebab menurutnya keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan desa akan mendukung penyelenggaraan pemerintahan secara keseluruhan.


"Bukan hanya dari pemerintahan desa. Tapi dari seluruh elemen masyarakat juga turut berperan dalam pembangunan di desa. Saya minta kepada Kades yang dilantik agar dapat membangun desanya dengan mengutamakan kepentingan masyarakat". kata dia.


Nanang juga meminta kepada para kepala desa yang dilantik untuk mengemban amanah yang diberikan dengan sebaik-baiknya. Ia berharap para kepala desa dapat melaksanakan tugas dengan penuh pengabdian, loyalitas dan tanggung jawab.


"Saya minta laksanakan setiap tugas dengan penuh pengabdian, penuh motivasi, penuh dedikasi dan loyalitas serta tanggung jawab yang tinggi". Ucapnya.


Nanang juga berkata dalam sambutannya untuk mendukung proses percepatan dan pemberdayaan masyarakat, pemerintah daerah terus berupaya menyalurkan sumber-sumber pembiayaan untuk Desa. Misalnya Dana Desa dari APBN, Bantuan Keuangan Kabupaten, termasuk Alokasi Dana Desa dan Bagi Hasil Pajak Daerah dan lainnya.


"Pemerintah daerah salurkan dana sesuai peruntukkannya, baik bidang pembangunan, pemberdayaan, dan bidang lainnya. Selain itu, Kepala desa harus bermitra dengan BPD sehingga berbagai pembangunan dapat terlaksana dengan baik bukan mencari-cari kesalahan tentang penggunaan dana desa". Ucap nanang sebelum mengakhiri kata sambutannya. (Rk KMF)