KETAPANG - Plt. Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto hadiri Lomba Utsawa Dharma Gita (UDG) IX Kabupaten Lampung Selatan, Minggu (25/8/2019).


Lomba Utsawa Dharma Gita IX yang dilaksanakan di halaman SMP Negeri 1 Kecamatan Ketapang tersebut hadiri oleh Asisten Bidang Administrasi Umum Thamrin, Kepala Dinas Pendidikan Burhanuddin, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Rohadian, Camat Ketapang Mad'roi, Camat Bakauheni Asep Walaludin, Pembimas Hindu Kemenag Provinsi Lampung Ni Wayan Sarti dan Mustakim, Ketua PHDI Provinsi Lampung Ketut Pasek, Ketua WHDI Provinsi Lampung Nyoman Dresti, Ketua PHDI Lampung Selatan Made Sukentre, Ketua Majelis Adat Pekraman Made Pasti dan para tokoh agama umat Hindu.


Utsawa Dharma Gita IX yang merupakan festival atau lomba nyanyian suci keagamaan umat Hindu yang ke IX di Kabupaten Lampung Selatan ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan rasa keagamaan sebagai wujud pemahaman ajaran agama Hindu.


Adapun peserta Utsawa Dharma Gita IX yang diikuti umat Hindu Kecamatan Ketapang, Sragi, Candipuro, Way Panji, Palas dan Sidomulyo.


Dalam sambutannya Pembimas Umat Hindu Kementerian Agama Provinsi Lampung menyambut baik kegiatan tersebut, "Utsawa Dharma Gita IX yang dilaksanakan Kabupaten Lampung Selatan merupakan persiapan untuk menghadapi Utsawa Dharma Gita tingkat Provinsi Lampung.


"Kami berharap perlombaan Utsawa Dharma Gita yang dilaksanakan Kabupaten Lampung Selatan dapat benar-benar berjalan dengan baik, adapun peserta yang berprestasi nanti dapat mengikuti Perlombaan Utsawa Dharma Gita tingkat Provinsi Lampung", kata Mustakim.


"Perlombaan Utsawa Dharma Gita adalah perlombaan pembacaan Kitab Suci umat Hindu, sama halnya dengan perlombaan MTQ Umat Islam, saya berharap perlombaan ini dapat menjadi ajang untuk meningkatkan keimanan kita pada Tuhan Yang Maha Esa", sambung Mustakim.


Plt. Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto dalam arahannya mengatakan, "atas nama Pemerintah saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas terselenggaranya Utsawa Dharma Gita IX ini", katanya.


"Budaya adalah hal yang harus kita lestarikan dan kita turunkan kepada anak-anak kita, sehingga adat dan budaya kita dapat terus terjaga dengan baik, sama halnya dengan Agama", ujar Nanang.


"Saya mengapresiasi kegiatan ini, Lampung Selatan sangat banyak ragam dan budaya.dalam momentum Utsawa Dharma Gita ini saya minta kepada seluruh elemen masyarakat Lampung Selatan bersama-sama dapat menanamkan Budi Pekerti yang baik kepada generasi mendatang", tutur Nanang.


"Saya berharap Lampung Selatan dapat mewakili Provinsi Lampung pada perlombaan Utsawa Dharma Gita Tingkat Nasional nanti. Dengan ini Utsawa Dharma Gita IX tingkat Kabupaten Lampung Selatan secara resmi saya nyatakan dibuka", tutup Nanang mengakhiri sambutannya. (KMF)