KALIANDA, Diskominfo Lamsel - Sekolah Dasar (SD) Negeri 1 Sidodadi, Kecamatan Sidomulyo mengunjungi Perpustakaan dan Wisata Kebun Edukasi Lampung Selatan dalam rangka kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), Jum'at (15/07/2022).


Seperti diketahui,  Perpustakaan dan Wisata Kebun Edukasi Lampung Selatan mempunyai banyak fasilitas yang dapat dijadikan media pembelajaran, dengan adanya berbagai macam buku cerita anak serta ruang bermain anak yang berada didalam Perpustakaan Kebun Edukasi.


Terdapat juga berbagai jenis tanaman, hewan, serta playground yang ada di Wisata Kebun Edukasi membuat anak-anak menjadi merasa lebih nyaman dan dapat mengenal alam sekitar secara langsung.


Pada kesempatan itu, Kepala Sekolah SDN 1 Sidodadi, Yahya mengatakan, pada tahun 2022 ini SDN 1 Sidodadi memiliki ekskul wajib. Hal ini sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan  Kebudayaan, Nomor 63 tahun 2014 tentang Pendidikan Kepramukaan Sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Wajib Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.


"Untuk itu semua pemangku pendidikan diwajibkan bisa memahami nilai dalam kegiatan kepramukaan menjadi ekstrakurikuler yang wajib diikuti," ujar Yahya.


Yahya juga menuturkan, memilih Perpustakaan dan Wisata Kebun Edukasi guna memperkenalkan kepada anak-anak bahwa Lampung Selatan memiliki perpustakaan dan Wisata yang mempunyai fasilitas lengkap yang wajib dikunjungi. Selain itu juga, dalam rangka kegiatan MPLS, dimana diwajibkan agar anak-anak paham akan lingkungan sekitarnya.


"Adanya fasilitas yang sudah disediakan dari pihak pemerintah dapat digunakan anak-anak untuk belajar, dimana anak-anak ini dalam masa pengenalan lingkungan sekolah, sambil kita bawa ke Perpustakaan dan Wisata Kebun Edukasi yang memiliki berbagai fasilitas yang lengkap dan sangat cocok untuk diperkenalkan oleh anak-anak," tuturnya.


Lebih lanjut Yahya menjelaskan, rombongan yang ikut ± sebanyak 150 orang terdiri dari 75 siswa, 30 guru dan para orang tua dari anak-anak.


"Yang hadir disini merupakan anak-anak dari kelas I, yang berjumlah 75 orang yang nanti ini akan kita bagi menjadi 3 kelas, lalu disini ada 30 guru, dan orang tua yang mendampingi anak-anaknya ada ibunya bahkan ada yang ayahnya juga ikut," jelasnya.


Sementara, salah satu orang tua dari anak murid SDN 1 Sidodadi,  Lisa mengungkapkan, kegiatan tersebut sangat mengedukasi anak-anak, tidak hanya berlingkup dilingkungan sekolah tetapi diluar sekolah juga. Sehingga bisa mengekspor pengetahuan anak, apalagi Perpustakaan dan Wisata Kebun Edukasi ini yang memiliki fasilitas lengkap.


"Saya senang sekali dengan adanya kegiatan ini, fasilitas yang disediakan juga begitu lengkap, jadi anak-anak mengerti apa Kaman Edukasi itu, ternyata memiliki banyak tanaman, hewan-hewan dan taman bermain, dan perpustakaannya pun memiliki fasilitas yang nyaman membuat anak dapat lebih nyaman disana dan membuat anak untuk lebih rajin membaca," pungkasnya. (Nsy).