KALIANDA, Diskominfo Lamsel - Lomba burung berkicau turut memeriahkan rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Lampung Selatan ke-66 tahun 2022.


Acara yang dipusatkan dikawasan Agrowisata, Kalianda, Lampung Selatan, dibuka secara resmi oleh Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto, Minggu (13/11/2022).


Perlombaan diawali dengan gantangan ekslusif, yang diikuti langsung oleh Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto beserta Jajaran Forkopimda dan seluruh Kepala Perangkat Daerah lainnya.



Ketua pelaksanaan, Pelaksana tugas (Plt) Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan (Ekobang) Setdakab. Lampung Selatan, Muhadi mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam kegiatan lomba berkicau ini.


“Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung menyemarakkan dan memeriahkan lomba burung berkicau pada hari ini. Semoga acara ini tidak hanya menjadi ajang kontes atau perlombaan semata namun dapat menjadi ajang berbagi informasi serta pengalaman bagi seluruh penghobi dan pecinta burung,” ujarnya.


Muhadi juga menjelaskan, kegiatan lomba burung berkicau bertujuan untuk memeriahkan HUT Lampung Selatan ke-66 sekaligus sebagai ajang mempererat tali silaturahmi sesama komunitas burung berkicau baik dari dalam maupun luar daerah Lampung Selatan.


"Dimana peserta berasal dari berbagai komunitas pecinta burung berkicau baik perorangan maupun tim atau kelompok yang ada di Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung dan daerah lainnya di luar Provinsi Lampung," ujarnya.


Sementara, Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto dalam sambutannya mengungkapkan, pecinta dan pemelihara burung berkicau dari waktu ke waktu terus meningkat peminatnya. Dimana, kegemaran dan hobi terhadap satwa burung berkicau ini juga tumbuh dan berkembang mulai dari masyarakat biasa hingga pejabat, bahkan mulai dari skala daerah  hingga di tingkat nasional.


"Oleh karenanya, tidaklah mengherankan apabila dukungan serta semangat untuk mengadakan pameran atau lomba burung berkicau sangat tinggi di kalangan masyarakat. Bahkan sekarang ini pecinta terhadap satwa burung  berkembang pesat mulai dari masyarakat pedesaan sampai dengan masyarakat didaerah perkotaan," ungkap Nanang dalam sambutannya.


Nanang berharap, kepada para penghobi burung berkicau, agar tetap menjaga kelestarian burung, yang saat ini sudah mulai punah, seperti melalui penangkaran dan jenis pelestarian lainnya.


"Dengan kita menjaga kelestarian burung berkicau, diharapkan mampu mempertahankan dan meregenerasi burung di habitat aslinya, sehingga nantinya mampu terjaga kelestarian dari kepunahan," harapnya.


Bupati Lampung Selatan itu juga mengajak, kepada para peserta lomba agar menjadikan gelaran lomba burung berkicau ini, sebagai bagian daripada upaya pelestarian satwa, disamping dari suaranya yang menarik, tentunya banyak pula rezeki yang ada di dalam suara kicauan aneka burung ini.


"Dan yang terpenting ajang lomba burung berkicau ini dapat menyatukan para pecinta burung bukan hanya di Lampung Selatan saja, tetapi juga dari daerah lainnya yang ada di Provinsi Lampung bahkan diluar Provinsi Lampung," pungkasnya. (Nsy).