JATI AGUNG - Bunda PAUD dan Literasi Kabupaten Lampung Selatan kembali kukuhkan Bunda PAUD dan Literasi Kecamatan dan Desa di Jati Agung. Senin ( 14/02/2022).


Pengukuhan ini di ikuti oleh 21 Bunda yang terdiri dari 9 Orang Bunda Literasi Desa dan Bunda PAUD 12 orang yang secara otomatis juga dikukuhkan sebagai Bunda Literasi.


Pengukuhan Bunda PAUD dan Literasi Desa ini dilaksanakan di GOR Fajar Baru Kecamatan Jati Agung yang juga bersamaan dengan Musyawarah Rencana Pembangunan kecamatan dan merupakan yang pertama se Porvinai Lampung dan Lampung Selatan menjadi yang pertama.


Diawal sambutannya Winarni mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terus mematuhi protokol Kesehatan 5 M dan Vaksinasi untuk memutus mata rantai penyebaran Covid 19.


Menurutnya dengan adanya varian baru dari Covid 19 yaitu Omicron yang tingkat penyebarannya lebih cepat dari sebelumnya. Maka dari itu Winarni sangat menekankan untuk terus mematuhi Protokol Kesehatan dalam setiap kegiatan.


Nampak hadir dalam Pengkuhan ini Ketua DWP Lampung Selatan (Yani Thamrin). Dan para Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Labupaten Lampung Selatan.


Dalam kesempatan ini Winarni juga memberikan arahan kepada Bunda PAUD Desa agar bisa kerjasama dengan pemerintah Desa untuk bisa merealisasikan program program kerja yang nantinya akan di kerjakan.


Kepada Bunda Literasi Winarni mengharapkan dapat meningkatkan minat baca masyarakat, untuk membentuk kemampuannya memjadi jaub lebih baik


"Salah satu upaya dalam membangun daerah semakin maju adalaha dengan masyarakat yang cerdas dan memiliki potensi serta kemampuan ya dimiliki masyarakat". Ucap Winarni.


Winarni menyarankan untuk semua Desa Di sediakan Pojok Literasi dan perpustakaan dari swadaya dari pemerintah desa maupun dari masyarakat Desa dan perlu dibentuk pengurus untuk mengelola pojok Literasi.


Kepada Bunda PAUD agar bisa menjalankan PAUD HI di desa - desanya untuk memberikan pelayanan kesehatan, Gizi, Pengasuhan dan pendidikan.


"Masa usia Dini merupakan masa keemasan anak dalam membentuk karakter dan kepribadian maka dari itu harua diberikan pendidikan yang sesuai". Kata Winarni.


Winarni juga menyarankan agar Bunda PAUD dan Literasi bisa bekerja sama dengan Pemerintahan Desa dalam merealisasikan program program.


Diakhir Sambutannya Winarni mengarahkan agar program dari Bunda PAUD dan Literasi ini dapat membantu Pembangunan Desa dan Daerah. (Kmf)