Kalianda, Diskominfo Lamsel - Bupati Lampung Selatan mengikuti kegiatan senam kebugaran jasmani yang berlangsung di halaman Gor Way Handak (GWH), Jumat (11/3/2022).


Pelaksanaan senam merupakan kegiatan rutin Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan yang sempat terhenti lantaran peningkatan kasus covid-19 di wilayah tersebut.


Dan seiring penurunan kasus covid-19 hingga dinyatakan Lampung Selatan menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada Level 2, kegiatan senam kembali dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan pembatasan jumlah masa hingga 50 persen.


Saat di temui di lokasi, Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto mengatakan senam rutin ini salah satu upaya untuk meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh agar tidak terpapar virus covid-19.


"Kita ketahui bersama pandemi masih ada, sehingga kita harus tau betul bagaimana menjaga kesehatan yakni dengan berolaharaga, makan makanan yang sehat, banyak minum air putih dan hindari stres," ingat Nanang.


Bupati menambahkan, adanya pelandaian atau penurunan angka kasus covid 19 di Lampung Selatan harus tetap diupayakan bersama dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan.


"Nah, kuncinya agar Lampung Selatan ini zona hijau mengenai kasus covid-19 diusahakan dengan disiplin prokes, sehingga kegiatan-kegiatan senam seperti ini bisa kita laksanakan secara rutin," ungkapnya.


Ia juga berharap, senam rutin ini dapat di lakukan tidak hanya di area pusat kota Kalianda namun dapat dilakukan keliling kebeberapa daerah di Lampung Selatan.


"Harapannya juga, senam rutin tiap Jum'at ini akan dilaksanakan keliling di beberapa tempat di Lampung selatan untuk memperkenalkan potensi-potensi wilayah lainnya. Misal minggu depan di wisata Kuliner Dermaga Bom, besoknya di lapangan Penengahan dan terus kita keliling yang masih dirasa bisa dijangkau," jelas Nanang.


Setelah melaksanakan senam, kegiatan dilanjutkan dengan giat gotong royong membersihkan halaman Gor Way Handak dengan melibatkan anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), petugas damkar dan para peserta senam.


Pada kesempatan tersebut, Nanang juga meninjau secara langsung lokasi-lokasi yang perlu dibersihkan.Terlihat ia juga mengarahkan anggota Satpol PP untuk membersihkan lokasi seperti menyapu, memunguti sampah, mencabut rumput, membersihkan selokan, yang dirasa terlihat berantakan dan tidak sedap di pandang.


"Para pengelola Gor Way Handak tolong disiapkan tempat-tempat sampah dibeberapa titik seperti di depan kantin GWH itu agar tidak buang sampah sembarangan jika sudah difasilitasi," tegas Nanang.(Hy).