KALIANDA, Diskominfo Lamsel – Badan Penanggulangan BencanaDaerah (BNPB) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan menggelar aksi bersih pantai, di objek wisata kuliner Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Dermaga Bom Kalianda, Jumat (26/4/2019).


Aksi sosial itu, masih dalam rangka peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana tahun 2019 yang jatuh tepat pada tanggal 26 April 2019. Kegiatan dimulai dengan senam kesegaran jasmani bersama, dilanjutkan dengan apel kesiapsiagaan bencana, dan aksi Jumat bersih.


Kepala BPBD Lampung Selatan, I Ketut Sukerte menjelaskan, kegiatan itu diikuti peserta mulai dari jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN), Polri, Tagana, Kwarcab Pramuka, dan masyarakat sekitar.


"Jumat bersih ini kita fokuskan pada dua titik, pertama di objek wisata kuliner TPI Dermaga Bom dan di sekitar Pasar Inpres Kalianda yang terletak di pusat kota,” ujar Ketut kepada tim ini.


Hal itu juga kata dia, untuk mengurangi resiko dan mengantisipasi terjadinya bencana di Kabupaten Lampung Selatan, mengaingat saat ini sedang musim penghujan. Sebab menurutnya, sejumah daerah di Lampung Selatan sering terkena bencana banjir.


“Kami melihat kurangnya kesadaran masyarakat akan kebersihan di lingkungan sekitarnya. Mudah-mudahan apa yang kami lakukan bisa bermanfaat dan dapat menggugah hati masyarakat untuk bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan guna menghindari musibah banjir,” pungkasnya. (kmf)