PALAS, diskominfo Lamsel - Kelompok Petani Pejuang Pangan Sehat (KP3S) Unit Pelaksana Teknis Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (UPT TPHBUN) dari Kecamatan Palas turut berpartisipasi dalam kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan tahun 2022, Kamis (17/2/2022).


Musrenbang yang digelar di Lapangan Desa Tanjung Jaya Kecamatan Palas dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes), sesuai dengan peraturan dan ketetapan yg berlaku.


Berbagai macam sayur-sayuran segar dijajakan di posko Budidaya Tanaman Sehat KP3S dari UPT TPHBUN Kecamatan Palas seperti bayam, kangkung, tomat, cabai, terong.


Ada pula, berbagai pupuk organik cair yang di produksi dari Desa Mekar Mulya dan Desa Tanjung Jaya Kecamatan Palas di jajakan di posko Budidaya Tanaman Sehat tersebut.


Pada kesempatan itu, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto juga meninjau langsung posko Budidaya Tanaman Sehat KP3S dari UPT TPHBUN Kecamatan Palas yang ada di dalam kegiatan Musrenbang tersebut.


Dirinya juga mengatakan, Pemerintah Daerah ingin membuat inovasi, yaitu petani milenial, supaya kita bisa bekerja sama untuk melatih petani milenial untuk menanam dan memakai pupuk organik ini.


"Kalian bisa menciptakan, mengedukasi dan menciptakan inovasi, supaya menggunakan pupuk organik, terus semangat. Kami, Pemerintah Daerah dan Tim, ingin membuat petani milenial, Pemerintah Daerah punya lahan yang luas, nanti kita sama-sama kerja sama, untuk bagaimana petani milebial ini kita latih ini bisa menanam dan memakai pupuk-pupuk organik ini," ucapnya.


Sementara, Supriyatna (35) salah satu yang membuat pupuk organik asal desa Tanjung Jaya mengatakan, pupuk organik cair ini sebagai salah satu pengganti pupuk kimia, untuk penunjang budidaya tanaman sehat.


"Kami selama hampir 2 tahun sudah memakai produk-produk yang dibuat oleh petani sendiri, jadi tidak ketergantungan dengan produk-produk kimia," ujarnya.


Supriatna juga menambahkan, ada 25 jenis pupuk organik yang sudah dikembangkan dari Desa Mekar Mulya dan Desa Tanjung Jaya.


"Contoh pupuk organik seperti Fungisida Nabati dibuat dari air cabai yang berfungsi untuk mengobati jamur pada tanaman, Mal buah ini fungsinya untuk perangsang buah dan perkembangan bunga dan ada juga cuka bambu ini digunakan untuk mengurangi residu ditanah yang sudah terkontaminasi kimia sebelumnya, sebenernya masih banyak lagi jenisnya ada sekitar kurang lebih 25 jenis," pungkasnya. (Nsy).