Way Panji, Diskominfo Lamsel- Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto berikan bantuan berupa uang tunai serta sembako kepada Priwanto (32) warga Desa Sidoharjo Kecamatan Way Panji, Kamis, (29/12/2022).


Bantuan tersebut diserahkan guna meringankan beban Priwanto yang rumahnya terbakar pada senin siang (26/12/2022).


Beruntung, pada peristiwa kebakaran tersebut tidak menimbulkan korban jiwa namun membakar habis TV, sepeda 3, handpone, lemari serta 1 set alat barongan reog Ponorogo yang juga menjadi salah satu mata pencahariannya sejak 2010 silam. Ditafsir, kerugian material diperkirakan mencapai sekitar Rp. 50.000.000,- (lima puluh juta rupiah).


Pada saat kejadian, ayah satu orang anak tersebut sedang bekerja disawah milik mertuanya yang berada di desa Sidorahayu, Way Panji.


"Saya dikasih kabar kakak ipar saya, Marsudi bahwa rumah saya terbakar. Saya bergegas ke lokasi, petugas damkar dan warga sedang berupaya memadamkan api. Alhamdulillah, satu jam kemudian api dapat dipadamkan," jelas Priwanto.


"Sementara ini kami tinggal di tempat orang tua saya, Pak Alimudin di desa Sidorahayu, Way Panji," imbuhnya.


Camat Way Panji, Luthfi menerangkan, keesokan harinya kami mulai bergotong royong bersama warga dan mahasiswa sebanyak 29 orang.


"Kami langsung bergerak cepat membantu ke lokasi bersama mahasiswa yang memang sedang praktek kerja lapangan di desa ini, kamu ajak untuk membantu warga yang sedang mendapatkan bencana ini, " ujarnya.


Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto yang langsung mengunjungi rumah terbakar tersebut mengaku sangat prihatin dengan kejadian yang alami oleh salah satu warganya. Dirinya juga menyerahkan bantuan sebesar 5 juta rupiah yang berasal dari Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan melalui Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan.


Tidak hanya itu, dirinya juga menyerahkan bantuan sembako dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lampung Selatan.


"Iki musibah, gole hikmahe wae, semoga dengan hadirnya kami pemerintah daerah dapat meringankan sedikit beban yang saat ini sedang terjadi," ujar Nanang.


Priwanto mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan Bupati Pak Nanang, semoga ini menjadi berkah buat kami serta menjadi ladang amal buat Pak Nanang, pak Nanang selalu diberikan kesehatan, keberkahan serta kemudahan dalam memimpin lampung selatan.


Pada bagian lain, Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan Kabupaten Lampung Selatan, M. Sefri Masdian menghimbau kepada masyarakat agar berhati-hati, terutama penggunaan kabel harus standar guna meminimalisasi terjadinya kebakaran yang diakibatkan korsleting arus pendek.


Selain itu, lanjutnya, jika ada musibah kebakaran, untuk meminta agar segera menghubungi call center Dinas Damkar dan Penyelamatan tolong segera langsung di nomor : 0727 3330 053, 0822 7951 3682.


"Jika ada musibah kebakaran, tolong segera hubungi call center Damkar, jam berapapun, kami standby 24 jam. Kami akan segera meluncur ke TKP dan pelayanan kami tidak berbayar alias gratis,"ujar Sefri menegaskan. (lmhr)