Palas, Diskominfo Lamsel – Bupati Lampung Selatan bersama para pejabat terkait menyelenggarakan kegiatan pembinaan aparatur desa didesa Tanjung Jaya, Kecamatan Palas, Kamis (17/02/2022).


Penyelenggaraan pembinaan aparatur desa tersebut tetap mematuhi aturan protokol kesehatan karena saat ini Lampung Selatan masuki level 2.


Kegiatan pembinaan desa tersebut masuk dalam rangkaian acara musyawarah rencana pembangunan kecamatan (Musrembangcam) dikecamatan Palas, desa Tanjung Jaya .


Turut mendampingi,Inspektur Kabupaten Anton Carmana, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Maturidi, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Mulyadi Saleh, Plt. Kepala Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Aryan Sahuriyan.


Serta Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Erdiyansyah, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Heri Bastian, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Edi Firnandi , Camat Palas Rikawati.


Nanang Ermanto menegaskan kepala desa sebagai pemimpin didesanya harus mampu menjalankan tugas dan fungsinya sesuai dengan ketentuan dan aturan serta tidak melanggar hukum.


"Tugas utama kepala desa adalah menjalankan pemerintahan, pembangunan, pemberdayaan masyarakat dan menciptakan keamanan dan ketertiban didesanya,"tegas Nanang.


Bupati Lampung Selatan mengingatkan kepada seluruh aparatur desa di kecamatan Tanjung Jaya untuk menjaga dan bermusyawarah tentang apa saja potensi yang ada didesanya, harus dengan kerjasama yang kuat antara kepala desa,kaur desa serta badan permusyawarah desa (BPD).


"Jadi kepala desa harus mengedepankan gotong-royong serta kebersamaan bersama kaur desa dan warga dalam pembangunan dan pemetaan desa baik dari segi infrastruktur dan menggali potensi-potensi yang ada didesanya,"ucapnya.


Ditempat yang sama, Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Erdiyansyah mengapresiasi pada setiap potensi yang ada dimasing-masing desa dikecamatan Palas.


"Seperti Desa Suka Mulya yang membangun Waterboom yang penganggarannya dari dana desa, desa bumi daya pengolahan magot/sampah, desa Tanjung sari dengan perkebunan jeruk, serta Wisata Sejarah didesa Palas pasemah yaitu prasasti peninggalan Sriwijaya,''ucapnya.


Erdiyansyah juga menambahkan, harapan bupati Lampung Selatan yakni ingin potensi desa tersebut dikembangkan, ditambah lagi dengan kecamatan Palas yang terkenal dengan setra ikan air tawar serta dengan segala UMKMnya.


"Jadi tolong itu dikembangkan, pak bupati berpesan dengan dana desa yang terbatas untuk dapat dimaksimalkan membuat tempat pertumbuhan ekonomi baru dengan pemanfaatan lahan yang adaa serta kreativitas warga kecamatan Palas,"tutupnya.(lmhr)