PENENGAHAN - Bunda PAUD dan Literasi Kabupaten Lampung Selatan Hj Winarni Nanang Ermanto kembali Kukuhkan Bunda PAUD dan Literasi Kecamatan Dan Desa Se Kecamatan Penengahan.


Berlokasi di Lapangan Desa Rawi, Pengukuhan ini dilaksanakan bersamaan dengan acara Musyawarah Rencana Pembangunan Kecamatan Penengahan.


Pengukuhan ini diikuti 1 Bunda PAUD Kecamatan 17 Bunda Literasi Desa Dan 4 Bunda PAUD Desa, Bunda PAUD desa yang dikukuhkan secara langsung juga menjadi Bunda Literasi Desa.


Hadir dalam acara ini Ketua Dharma Wanita Persatuan Lampubg Selatan (Yani Thamrin) serta para Kepala OPD di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Lampung Selatan.


Dalam sambutannya Winarni mengajak seluruh masyarakat untuk terus mematuhi dan menerapkan Protokol Kesehatan guna memutus rantai penyebaran Covid 19.


"Terkait Lampung Selatan yang sekarang menjadi zona Kuning dan PPKM nya Level 2, saya menghimbau seluruh elemen masyarakat baik pemerintah desa mau warga, bekerjasama terus mensosialkan pentingnya Protokol Kesehatan dan Vaksinasi". Kata Winarni


Winarni juga mengucapkan terima kasih kepala Organisasi Perangkat Daerah yang telah membantu terlaksananya pengukuhan Bunda PAUD dan Literasi ini.


"Lampung Selatan ini menjadi kabuoaten pertama yang melaksanakan pengukuhan Bunda PAUD dan Literasi Desa Se Provinsi Lampung". Ucapnya


Selaku Bunda Literasi Kabupaten Winarni menghimbau kepada Bunda Literasi yang baru saja dikukuhkan untuk segera mendirikan pojok literasi atau pojok baca untuk menarik minat baca masyarakat


"Langsung action ya bunda langsung bergerak biar masyarakat jadi gemar membaca, kalau rajin membaca potensi dan kemampuan masyarakat akan terlihat dan bisa diberdayakan". Ujar Winarni


Selaun itu Winarni juga menyarankan untuk membentuk pengurus pojok literasi, yang tujuan nanti dapat mengelola dan bisa mencari para donatur buku dengan swadaya buku dari semua elemen pemerintah masyarakat untuk melengkapai buku buku di pojok baca tersebut.


"Literasi Ini sesuai dengan tujuan dari UUD 1945 yang bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa". Kata bunda Winarni


Kepada Bunda PAUD Desa Winarni menyampaikan agar melakukan pendataan dan memperhatikan anak anak usia dini yang belum mendapatkan Layanan PAUD.


"Segara cari data tentang anak anak usia dini yang belum mendapatkan pelayanan PAUD agar nanti dikordinasikan dengan dinas pendidikan untuk mereka mendapatkan Pelayanan PAUD". Ujarnya


Diakhir sambutannya Winarni mengingatkan untuk mengutamakan kerjasama dan gotong royong dan menjalankan Program-program yang terintegrasi dengan pembangunan desa. (Kmf)