NATAR - Winarni Nanang Ermanto Kukuhkan Bunda PAUD dan Bunda Literasi Kecematan dan Desa se Kecamatan Natar. Senin (15/02/2022).


Kegiatan Pengukuhan ini berlokasi di Desa Negara Ratu bersamaan dengan pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan di Kecamatan Natar.


Nampak Hadir dalam Pengukuhan ini Ketua DWP Lampung Selatan (Yani Thamrin), dan Para Kepala OPD Terkait di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan.


Dalam kesempatan ini Winarni menyampaikan harus mengutamakan protokol kesehatan dikarenakan Pandemi Covid 19 yang masih melanda Indonesia saat ini.


"Sampaikan kepada masyarakat dengan ajakan dan bahasa yang baik agar masyarakat bisa paham dan mau mematuhi protokol kesehatan". kata Winarni


"Selain itu Vaksinasi tetap terus dilakukan, jika ada warganya yang belum divaksin, diajak dan disuruh vaksin". Ucapnya.


Kepada Bunda PAUD dan Literasi yang baru saja dikukuhkan winarni menyampaikan segera melaksanakan tugas dan menjalankan progran program yang inovatif.


Kepada Bunda PAUD yang baru dikukuhkan, agar memberikan layanan PAUD HI di desa desanya, dan melakukan pendataan anak anak Usia dini yang belum mendapatkan Pendidikan Usia Dini.


"Datanya yang falid ya bunda, biar nanti diperhatikan untuk mendapatkan Pendidikan Anak Usia Dini secara merata di seluruh Desa". Ujarnya.


Menurutnya dengan memberikan Layanan PAUD HI, selain anak anak mendapatkan pendidikan mereka juga akan mendapatkan layanan kesehatan dan layanan gizi untuk tumbuh kembang anak.


Sebagai Bunda Literasi Winarni juga mengajak bunda Literasi Desa yang baru dikukuhkan untuk meningkatkan minat baca masyarakat.


" Ciptakan Pojok Literasi dan Perpustakaan Desa untuk menarik dan meningkatkan minat baca masyarakat, untuk menggali potensi dan kemampuan dari setiap warga desa.


Winarni juga menyarankan agar bekerjasama dengan Pemerintahan Desa untuk menganggarkan Dana Desa untuk kebutuhan progran program bunda PAUD dan Literasi Desa.


Selain itu dengan swadaya buku dari para donatur dan pelaku usaha yang ada di Desa untuk memberikan bantuan buku buku yang diminati masyarakat.


"Kalau masyarakatnya gemar membaca, potensi dan keahliannya meningkat pembangunan di Desa akan lebih cepat di capai" . Katanya.


Di akhir sambutannya Winarni mengajak Bunda PAUD dan Literasi turut serta membantu pembangunan Dearah dengan program program yang terintegratif. (Kmf)