1. Inisiator

Dinas Perhubungan Kab. Lampung Selatan


2. Bentuk Inovasi


Inovasi Pelayanan Publik


3. Rancang Bangun dan Pokok Perubahan


Penyediaan sarana transportasi jalan yang berkeadilan harus menjangkau semua lapisan masyarakat termasuk penumpang penyandang disabillitas, namun kenyataannya kemudahan akses pada angkutan umum belum terselenggara secara optimal yang merupakan masalah utama. Hingga saat ini kepedulian terhadap penyandang disabilitas terlihat masih belum mendapatkan perhatian dan perlakuan yang sama dengan orang-orang normal lainnya. Para penyandang disabillitas ini masih banyak yang kesulitan untuk menuju ke sekolah. Keberadaan para penyandang disabillitas dapat bersifat fisik, kognitif, mental, sensorik, emosional, perkembangan atau beberapa kombinasi dari ini.


Pelaksanaan dalam memberikan angkutan gratis bagi anak anak sekolah merupakan kegiatan rutin yang dilaksakan oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Lampung Selatan, akan tetapi Dinas Perhubungan Kabupaten Lampung Selatan berupaya untuk memberikan pelayanan bagi seluruh kalangan masyarakat yang pada akhirnya ide inovasi "BU KADIS (Bus Khusus Anak Disabilitas)" ini muncul dan dapat diimplementasikan dengan baik. Dengan penyebaran informasi yang dilaksanakan melalui berbagai macam platform baik online (daring) maupun luring, pada akhirnya pelaksanaan inovasi ini dapat dilakukan dengan maksimal sesuai dengan tupoksi OPD.


Memberikan akses kepada pelajar yang menyandang disabilitas merupakan salah satu bentuk kepedulian sosial yang perlu di wujudkan bersama. Program pelayanan bus sekolah khusus anak disabillitas ini dimaksudkan, khusus hanya untuk siswa disabilitas. Karena dinas perhubungan lampung selatan tidak hanya memberikan fasilitas melayani pelajar di sekolah umum, juga meningkatkan pelayanan bagi pelajar yang meyandang disabilitas. sebagai fasilitas utama yang harus didukung dari segi keamanan, kenyamanan dan keselamatan membuat orang tua dari anak penyandang disabillitas menjadi tidak ragu terhadap pelayanan ini.  Dasar yang dapat dilakukan untuk membuat suatu standar fasilitas


pelayanan transportasi bus sekolah khusus anak disabillitas dengan menerapkan konsep safety, accessibility, reliability dan affordability.


Bus sekolah khusus anak disabillitas ini akan melayani rute dari Penengahan ke Sekolah Luar Biasa Negeri Sidomulyo Lampung Selatan. Bus ini akan mengantar pergi pulang para pelajar penyandang disabilitas.


Bus khusus ini sudah siap sejak pukul 06.30 WIB di Penengahan untuk kemudian beroperasi sampai pukul 08.00 WIB mengantar ke sekolah. Kemudian kembali beroperasi pukul 12.00 WIB sampai pukul 15.00 WIB guna membawa pulang anak-anak dari sekolah. kapasitas bus yang disediakan berjumlah 26 tempat duduk. Sehingga‎, semua siswa-siswi dipastikan akan duduk di bangku masing-masing. pelayanan dalam bus khusus anak disabillitas berbeda dengan bus sekolah reguler. Tentunya dibutuhkan penanganan yang lebih dengan didukung pembenahan kebutuhan akan petugas yang akan mengendarai kendaraan dengan sangat hati-hati juga akan membantu mereka naik dan turun ke dalam serta membantu mereka untuk duduk dengan rapi.


4. Tujuan Inovasi


Tujuan Inovasi Daerah “BU-KADIS” adalah untuk memberikan pelayanan transportasi umum khususnya pada pelajar yang menyandang disabilitas sehingga dapat memberikan kemudahan, aman dan nyaman serta sebagai wujud komitmen pemerintah daerah dalam rangka meningkatkan aksesibilitas dan mobilitas para pelajar disabillitas dan upaya peningkatan proses belajar mengajar di Sekolah Luar biasa Sidomulyo.


5. Manfaat Inovasi


Manfaat dari adanya inovasi ini, antara lain:


  1. Merupakan bentuk edukasi para penyedia dan pengguna layanan transportasi untuk memahami dan lebih peduli terhadap penyandang disabilitas.
  2. Mempermudah dan memberikan pelayanan pelajar khusus anak disabillitas untuk mendapatkan layanan transportasi gratis yang aman, nyaman dan selamat.
  3. Menurunkan angka putus sekolah bagi pelajar disabillitas yang diharapkan dengan adanya program bus khusus anak disabillitas akan meningkatkan kemauan anak disabillitas untuk bersekolah.

6. Hasil Inovasi


Hasil yang diperoleh dari pelaksanaan inovasi ini adalah pelayanan Bus Sekolah yang ditujukan khusus untuk anak disabilitas.


Berikut Pedoman Teknis Inovasi dapat diunduh pada file berikut ini :


Manual Book Layanan Inovasi Bu Kadis