KALIANDA, Diskominfo Lamsel – Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan menerima audiensi dari PT. Sanraya Adi Nattaya (Goers) dan Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih (YPP) Indosiar-SCTV di Ruang Setdakab Lampung Selatan, Jum'at ( 15/07/2022), Sore.


Audiensi tersebut di moderatori oleh Kepala Bagian Kerjasama Lampung Selatan Setiawan, dan dipimpin langsung oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Eka Riantinawati serta didampingi kepala perangkat daerah terkait.


Anton Manager Partnership Goers mengatakan, Goers sendiri dalam pengembangan destinasi wisata berada di posisi buttom line dengan menawarkan kenyamanan, kepastian dan keamanan dari destinasi yang menggunakan sistem digitalisasi.


''jadi nanti kita akan jadi backbone sistemnya, dimana nanti experience baik dari pelanggan atau pelaku wisata dapat dipantau oleh operator wisata yang bertanggungjawab dimana kunjungan wisatawan dapat dilihat melalui database yang terhimpun secara otomatis," ujarnya.


Anton juga menerangkan, dalam pelaksanaannya, aplikasi digitalisasi yang dimiliki oleh Goers sendiri nantinya akan mempermudah dalam pemesanan tiket untuk setiap destinasi wisata yang ada di Lampung Selatan dengan sistem E- Ticket yang bekerjasama dengan pihak brand pemilik jasa travel berlisensi.


"Selain mempermudah proses pemesanan, sistem ini juga dapat meminimalisir kebocoran tiket dibandingkan dengan penjualan tiket secara manual," terangnya.


Sementara, Ketua Pelaksana YPP Indosiar-SCTV Abbas Yahya menjelaskan pihaknya bekerjasama dengan PT. Sanraya Adi Nattaya (Goers) dalam bidang sosial dimana Goers dalam pelaksanaan tugas memiliki pendapatan yang didonasikan kepada YPP Indosiar-SCTV.


" Jadi pendapatan yang Goers dapatkan dari aplikasi digital yang mereka miliki didonasikan kepada kami, yang kemudian kami kelola untuk beragam kegiatan sosial," jelasnya.


Abbas Yahya juga mengungkapkan, kerjasama yang mereka lakukan dalam bentuk donasi tersebut nantinya akan di tayangkan atau disiarkan melalui stasiun TV yang menaungi YPP.


"Keuntungan yang didapatkan, karena kita dinaungin oleh stasiun TV Nasional nomor 1 dengan penonton yang cukup besar dapat memberikan informasi kepada wisatawan bahwa pembelian tiket yang mereka lakukan melalui aplikasi digital sudah mendonasikan sebagai dari harga tiket tersebut untuk kegiatan amal/sosial, " ungkapnya.


Menanggapi hal tersebut, Asisten Bidang Kesra Eka Riantinawati, akan melakukan koordinasi dengan Sekretaris Daerah dan Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto mengingat, Destinasi Wisata yang ada tidak semua dibawah pengelolaan oleh Pemerintah Daerah.


"Kami menyambut baik usulan yang dilakukan oleh PT. Sanraya Adi Nattaya (Goers) dan Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih (YPP) Indosiar-SCTV, namun kami harus membahas kembali mengenai destinasi mana saja yang siap dikelola menggunakan aplikasi digitalisasi tersebut dengan melihat sumberdaya ada di wisata tersebut, " ucapnya.


Eka Riantinawati juga menyebutkan, Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan sangat menyambut baik pihak ke 3 yang datang dengan tujuan pengembangan destinasi wisata, mengingat dengan memiliki pesisir pantai yang sangat panjang serta potensi wisata yang sangat mumpuni untuk di promosikan.


"Lampung Selatan sangat menyambut baik dengan terbuka dengan tujuan bagaimana daerah kami ini bisa dikenal oleh dunia luar melalui promosi dan digitalisasi pariwisata," sebutnya.


Menutup audiensi tersebut, Eka menyampaikan bila rencana kerjasama antara PT. Sanraya Adi Nattaya (Goers) dan Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih (YPP) Indosiar-SCTV dengan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan terealisasi, kelak dapat mengangkat sektor pariwisata di Kabupaten Lampung Selatan di kanca Nasional maupun Internasional. (lmhr)