KALIANDA, Diskominfo lamsel- Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Eka Riantinawati menghadiri acara sosialisasi program Speak Up dan Catinku Siap 2022 di Aula Sebesi PKK Kabupaten Lampung Selatan, Senin, 28/03/2022.


Acara tersebut dihadiri oleh Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga ( TP PKK) Hj. Winarni Nanang Ermanto, Ketua Dharma Wanita Persatuan ( DWP) Yani Thamrin serta Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Rika Wati yang juga sekaligus Ketua Pelaksana acara tersebut.


Peserta kegiatan tersebut merupakan Kepala Perangkat Daerah dari Dinas Kesehatan, Dinas Pemberdayaan Desa (PMD), Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP & PA), Dinas Pendidikan, PKK Siswa-siswi dari tingkat SLTA hingga Mahasiswa di Kabupaten Lampung Selatan yang berjumlah 150 orang yang hadir secara offline.


Rika Wati melaporkan, adapun tujuan diadakannya acara tersebut merupakan mendukung kegiatan percepatan dan penanganan stunting di Kabupaten Lampung Selatan serta menyampaikan informasi terkait laporan speak up dan Catinku Siap yang merupakan program inovasi dari Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana.


"Inovasi ini kami bentuk dalam sebuah lagu yang dinyanyikan oleh kaum milenial muda untuk dapat lebih dekat dengan program yang kami punya dengan menggandeng band yang memang disukai oleh para siswa-siswi SLTA hingga Mahasiswa yang ada di wilayah Kabupaten Lampung Selatan," sebut Rika dalam lapornya.


Rika juga menambahkan, selain program yang Dalduk KB miliki tujuan dari acara ini adalah untuk membangun komitmen publik dalam penanganan dan percepatan penurunan stunting secara terintegrasi di wilayah kabupaten Lampung Selatan.


Pada Kesempatan itu, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat ( Kesra) Eka Riantinawati menyambut sambutan Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto mengatakan, kegiatan Sosialisasi Speak Up dan Catinku Siap ini adalah salah satu upaya kita untuk memberikan wawasan dan pengetahuan mengenai apa saja yang menjadi kriteria bagi calon pengantin sehingga sedini mungkin mereka bisa mempersiapkan diri dalam memasuki masa perkawinan.


"Mengingat Sosialisasi Program Speak Up dan Catinku Siap Tingkat Kabupaten Lampung Selatan Tahun 2022 ini menjadi salah satu aspek penting dalam memberikan pemahaman kepada calon pengantin (catin) sebelum mereka memasuki kehidupan berumah tangga,"ungkapnya.


Lanjutnya, Eka menuturkan program sosialisasi Speak Up dan Catinku Siap yang diberikan untuk Calon Pengantin ini, yaitu bagaimana kita mengatasi berbagai persoalan remaja di era milenial serta program sosialisasi ini akan turut berperan besar dalam usaha kita menurunkan angka stunting.


"Oleh karena itu, kita harus juga mensosialisasikan program Generasi Berencana (GenRe) kepada remaja dengan memberikan informasi melalui Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R), baik melalui jalur pendidikan maupun jalur masyarakat," imbuhnya.


Menutup sambutannya, Eka Riantinawati berharap dukungan dari semua pihak, baik dari Lembaga Pendidikan, Aparatur Pemerintahan Desa/Kelurahan agar dapat mengoptimalkan peran Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) mulai dari tingkat SMP, SMA, dan Perguruan tinggi yang sesuai dengan potensi lingkungannya masing- masing.


"Karena dengan pemahaman dan kesiapan yang baik dari para calon pengantin (CATIN) sebelum mereka menikah, nantinya hasil dari perkawinan tersebut akan melahirkan generasi-generasi penerus yang bebas stunting,"pungkasnya. (lmhr)